Wednesday 25 April 2012

✿• Madu....

Manfaat Madu Bagi Kesihatan Tubuh Manusia.

Seperti kita semua ketahui madu memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan bagi manusia. Baik untuk luaran maupun dalaman. Maka tidak hairanlah kalau ada orang yang menyebut 1000 manfaat madu bahkan ada yang mengatakan Sejuta khasiat madu.

Dan berikut ini merupakan beberapa manfaat madu bagi kesihatan tubuh manusia seperti yang diungkap oleh Times of India.

-  Madu boleh menjadi pengganti gula yang sihat
Boleh digunakan untuk pemanis makanan dan minuman. Bila ditambah dengan susu, dapat meningkatkan rasa, serta membantu memperkuatkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda juga boleh menyapukan pada roti panggang atau menambahkannya ke dalam aiskrim.

-  Sangat berguna untuk mereka yang ingin diet
Segelas air panas ditambah madu dan lemon adalah cara yang sihat untuk memulai hari Anda. Kerana madu bermanfaat mengikis lemak tanpa mengurangkan tenaga. Konsumsi madu boleh meningkatkan tenaga, sementara gula alami buah mencegah kelelahan.

-  Madu memiliki sifat anti-bakteria yang membantu memperbaiki sistem pencernaan.
Tak hanya itu, sifatnya yang mudah dicerna juga baik jika diminum oleh anak-anak. Memberikan anak-anak dua sudu madu setiap hari, boleh memberi tenaga ekstra sepanjang hari.

-  Madu juga dikenal memiliki karsinogen, mencegah dan sebagai anti-tumor yang dapat membantu dalam pencegahan kanser.

-  Tambahkan beberapa titis madu dalam jus jahe. Dan satu sudu makan madu yang diminum dua kali sehari juga bermanfaat untuk mengubati sakit tenggorokan.

-  Sifat antiseptik madu menghambat pertumbuhan bakteria tertentu dan membantu menjaga luka kekal bersih dan bebas dari infeksi.Madu juga boleh digunakan sebagai ubat alami dalam pengubatan pertolongan pertama untuk luka, luka bakar dan luka lainnya untuk mempercepat penyembuhan.
Sifat antibakterinya mencegah infeksi dan berfungsi sebagai agen anti-inflamasi, mengurangi pembengkakan dan rasa sakit , dan bahkan jaringan parut.

-  Menerapkan madu selama 10 sampai 15 minit di wajah sebelum dicuci dengan air panas, menjaga kulit lentur dan segar

-  Mencuci rambut dengan dua sudu madu yang ditambahkan dalam air panas, sebelum dicuci secara menyeluruh berkhasiat menambahkan kemilau rambut.

-  Menambahkan satu atau dua sendok teh madu untuk secangkir teh chamomile sebelum tidur bisa direkomendasikan untuk menenangkan saraf dan membantu tidur nyenyak.

 Itulah beberapa khasiat atau manfaat madu. Semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment